Polrestabes Resmikan Posko Kampung Tangguh di Sawahan, Ini Alasannya

Pusaran.Net - Polrestabes Surabaya dirikan posko dan resmikan Kampung Tangguh Bersih Narkoba di perkampungan eks lokalisasi Dolly tepatnya di pasar burung, Kupang Gunung Timur, kota setempat.


Seremonial peresmian kampung tangguh bersih narkoba yang diinisiasi Kasatnarkoba AKBP Daniel Marunduri, itu dilakukan langsung oleh Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Pasma Royce di dampingi Kepala Bakesbangpol Maria Theresia Ekawati Rahayu, serta perwakilan BNN Kota Surabaya dan TNI. Rabu (30/8/2023).


Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce mengatakan banyak alasan kenapa Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan.


"Kenapa di Sawahan, sebagaimana yang saya sampaikan, bahwa Putat jaya Kecamatan Sawahan ini, wilayah yang memiliki kerawanan. Parameternya apa, karena berbadasarkan dari hasil pengungkapan jumlah kasus dan tersangka ini paling tinggi ada di sini," ungkap Pasma Royce.


Pasma menambahkan, atas dasar hal tersebut intrsuksi Kapolri pihaknya membangun Posko Tangguh Bersih Narkoba di bentuk.


"Makanya berangkat dari pengungkapan kasus tsb, satresnarkoba Polrestabes Surabaya, berdasarkan mengacu instruksi bapak Kapolri ini kita menetapkan dan membangun kampung tangguh bebas narkoba di Surabaya ini," ungkap Pasma.


Dirincinya dari data ungkap kasus Satresnarkoba selama Kecamatan Sawahaan selama periode 2022-2023 menjadi yang tertinggi yakni sebanyak 115 kasus.


"Ratusan ungkap kasus narkoba itu tersebar dibeberapa kelurahan diantaranya. Kelurahan Putat Jaya sebanyak 38 kasus, Kelurahan Pakis sebanyak 26 kasus, kelurahan Petemon 16 kasus, Banyuurip 14 kasus, Kupang Krajan 11 kasus, Sawahan : 10 kasus," bebernya.


Pasma menambahkan dalam pelayanan Posko Kampung Tangguh Bersih Narkoba ini, dilengkapi beberapa fasilitas untuk bagi parah pencandu narkoba yang ingin melaporkan dan melakukan rehabilitasi.


"Kami sudah melihat dan meninjau, di sini ada kanroe konseling, dari Plato, Orbit dan Pemkot, UMKM pusat informasi, bagi masyarakat untuk ingin mengetahui data dan informasi bisa berkunjung di tempat ini," ujar Pasma.


Pasma menegaskan, dalam posko ini, juga akan ada pemberdayaan masyarakat yang di dukung langsung oleh pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan tiga pilar kecamatan.


"Pemberdayaan bersama-sma dengan potensi masyarakat didukung pemerintah dengan lapisan pihak, bisa melakukan kegiatan yang mengedukasi masyarakat, seperti ada UMKM, sepatu, batik banyak potensi yang lain," ujar Pasma.


" Kami berharap tiga pilar bisa memanfaatkan terkait momentum kesempatan pagi ini supaya mengajak masyarakat, melakukan kegiatan positif untuk mencegah peredaran narkoba," imbuh Pasma.(pn1)

Berita Terkait