Dorong Kreativitas Kaum Muda, Seniman Ganjar Gelar Surabaya Street Fashion

Pusaran.Net - Gabungan Seniman Indonesia (GSI) dukung Ganjar Pranowo terus memfasilitasi anak muda terutama dalam dunia fashion. Salah satunya mengadakan acara peragaan busana di jalan atau Street Fashion dengan berkolaborasi bersama Citayam Fashion Week (CFW).


Untuk kali ini, GSI menggelar Surabaya Street Fashion dengan tema ‘Country Road Of Surabaya’ #BERANIBERBAKAT di Alun-Alun Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/9/2023).


Sejumlah influencer ikut meramaikan kegiatan Berani Berbakat yang merupakan Industri Creative bagi Gen Z dan Milenial ini. Misalnya alumni CFW Abdul Sofi Allail alias Ale hingga influencer nasional yaitu Sarah Tumiwa, Rifaeny dan Fachrul Hadid.


Selain aksi catwalk dari para model dan influencer, sejumlah kegiatan menarik juga terselenggara dalam kegiatan ini. Mulai jamming session bersama seniman jalanan Surabaya.


Lalu ada freestyle dance battle, fun games, pembuatan caricature Ganjar Pranowo oleh seniman asal Surabaya dan turut menghadirkan special guestar yakni Klantink band.


Koordinator GSI untuk Gen Z dan Milenial Kiki Astrida mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah wadah bagi anak muda khususnya Gen Z dan Milenial untuk berani berbakat khususnya di dunia fashion. Dengan harapan, dunia fashion di tanah air semakin terus berkembang potensial.


“Semoga dunia fashion semakin berkembang, potensial dari para desainer khususnya gitu,” katanya di sela-sela kegiatan, Sabtu (10/9/2023) malam.


Astrid menyebut kegiatan ini mendapatkan respons positif dari masyarakat Surabaya. Terbukti, ada 50 peserta yang mengikuti Surabaya Street Fashion.


Lebih lanjut Astrid turut menjelaskan mengapa pihaknya ingin memberi ruang kepada Gen Z dan Minelial untuk menyalurkan bakatnya di dunia fashion. Hal ini sejalan dengan sosok bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo yang selalu mengayomi anak muda dibidang seni dan budaya


“Figur Bapao Ganjar Pranowo yang sangat apresiasi dengan anak muda khususnya Gen Z dan Milenial dibidang fashion, bidang UMKM, bidang seni dan budaya,” urai Astrid.


Dalam acara Surabaya Street Fashion kali ini bertema ‘Country Road Of Surabaya’ #BERANIBERBAKAT. Menurutnya tema itu sengaja dipilih karena sangat disukai oleh semua kalangan.


“Karena ini kan memang tema yang sangat digandrungi. Dan tema sebelumnya memang berganti-ganti, bervariasi sebuah karya dari anak-anak muda dan dibuat oleh mereka yang juga memang mencintai seni budaya di dunia fashion khususnya,” ungkap Astrid.


Di tengah acara Astrid selaku perwakilan dari GSI menerima caricature bergambar Ganjar Pranowo dari para gabungan seniman di Kota Surabaya.


Sementara itu, influencer Sarah Tumiwa menanggapi positif acara Surabaya Street Fashion dengan tema ‘Country Road Of Surabaya’ #BERANIBERBAKAT# yang digelar pendukung Ganjar Pranowo ini.


Bahkan Sarah turut menjadi juri untuk memberikan penilaian kepada peserta yang mengikuti acara Surabaya Street Fashion ini. Menurutnya acara ini membuat anak muda untuk berani berbakat serta menunjukkan kreativitasnya.


“Seru banget ya pas datang, langsung bisa 360, photoboth, banyak UMKM. Aku sampai bingung mau jajan apa,” kata Sarah.


Sementara itu, Minho terpilih menjadi ‘The Most Creative Fashion’ dalam pergelaran Surabaya Street Fashion kali ini. Dia berhasil menyabet gelar ini karena mendapatkan penilaian langsung dari Sarah Tumiwa, Rifaeny dan Fachrul Hadid.


“Pastinya aku senang banget, karena masih dikasih kesempatan bisa jadi peserta di fashion week ini. Dan alhamdulillah aku menang juga, jadi pastinya senang banget,” ungkap Minho.


Minho mengatakan sejatinya masih anak muda yang membutuhkan wadah untuk menyalurkan bakar fashion seperti Surabaya Street Fashion. Karena itulah dia berharap acara ini bisa terus dilakukan.


“Karena menurut aku banyak anak muda seperti aku yang butuh wadah untuk mengeksplor bakat mereka dan juga untuk lebih mengasah bakar mereka,” tutur Minho.(pn2)

Berita Terkait